Konfigurasi IPCop

Network Interface
Network interface IPCop terdefinisi atas empat macam yaitu RED, GREEN, BLUE dan ORANGE

RED Network Interface
Network ini adalah interface internet atau untrusted network. Pada dasarnya yang dilindungi oleh IPCop adalah network GREEN, BLUE dn ORANGE dari traffic yang berasal dari network RED.

GREEN Network Interface
Interface ini hanya terhubung ke komputer yang dilindungi oleh IPCop. Atau lebih dikenal dengan istilah local network. Traffic ke interface ini diarahkan lewat LAN card yang terpasang di IPCop firewall.

BLUE Network Interface
Interface ini adalah interface pilihan (digunakan jika dibutuhkan) yang dapat digunakan untuk koneksi perangkat wireless di network yang berbeda dari local network. Komputer dibawah interface ini tidak dapat terhubung dengan komputer yang berada di interface GREEN kecuali dikontrol menggunakan ‘pinholes’ atau via koneksi VPN. Traffic ke interface ini juga diarahkan lewat LAN card yang terpasang di IPCop firewall.

ORANGE Network Interface
Interface ini juga merupakan interface pilihan yang digunakan untuk menempatkan server yang boleh diakses oleh network yang berbeda. Komputer dibawah interface ini tidak dapat terhubung dengan komputer yang berada di interface GREEN atau BLUE kecuali dikontrol menggunakan ‘DMZ pinholes’. Traffic ke interface ini juga diarahkan lewat LAN card yang terpasang di IPCop firewall.

Konfigurasi RED, ORANGE, BLUE, GREEN

Ingat ! Network BLUE dan ORANGE merupakan OPTIONAL.

Kebutuhan Network Interfaces Card
IPCop firewall kita setidaknya membutuhkan 1 network ethernet card (NIC) dan satu kabel jaringan. Bisa jadi kita membutuhkan sampai 4 NIC, bergantung dari konfigurasi network yang dipilih dan koneksi internet yang digunakan.Seluruh NIC harus berbeda secara fisik.

Anggaplah kita abaikan untuk network RED, kita dapat menghubungkan NIC dan kabel network yang berbeda ke IPCop untuk network GREEN, BLUE dan/atau ORANGE. Network GREEN dan RED merupakan keharusan, sedangkan ORANGE dan BLUE merupakan pilihan. Kebutuhan interface untuk network RED bervariasi bergantung koneksi internet yang kita gunakan, apakah menggunakan NIC atau Modem.
.

8 comments:

Welly R,M. November 6, 2009 at 12:36 AM  

Saya baru tau tentang ipcop dan berminat untuk mengaplikasikan pada warnet saya.

Sebelumnya saya mau tanya nih, mas/mba pengelola...

1. Apakah ipcop mendukung game online, semua jenis messenger, dsb.

2. Adakah panduan penggunaan ipcop yang menggunakan virtual machine semacam vmware, virtualbox, virtual pc, dsb..

Trims sebelumnya..

moch[dot]welly[at]gmail[dot]com

blogadmin November 7, 2009 at 12:01 PM  

1. Apakah ipcop mendukung game online, semua jenis messenger, dsb.
* Ya, ipcop mendukung semua messanger, karena ipcop sama dengan firewall pada umumnya. Tinggal kita bermain di port saja, mana yang boleh lewat mana yang tidak boleh, atau juga bisa kita atur dengan filtering baik url,domain,ip address atau pun MIME type

2. Adakah panduan penggunaan ipcop yang menggunakan virtual machine semacam vmware, virtualbox, virtual pc, dsb..
* IPCop bisa digunakan di virtual machine. Untuk VMware sudah tersedia aplikasi bundling yang bisa running di vmware player. Sedangkan untuk vpc maupun vbox, instalasi ipcop sama saja seperti kita menginstall OS pada umumnya (windows/linux/dll) di virtual machine tsb. Jika VM ini dimaksudkan untuk testing/demo, maka bisa kita gunakan dummy interface untuk interface RED-nya.

Welly R,M. November 8, 2009 at 5:20 PM  

Saya sudah mencoba IPCOP menggunakan vbox. Saya berhasil menginstall IPCOP, IP (green) yang saya gunakan adalah 192.168.10.1 tetapi saat dicoba kok tidak bisa connect y antara IPCOP d vbox dg Windows yang jadi Hostnya. Pertanyaan saya adalah:
1. Untuk yang RED Network Interface saya sudah mencoba menggunakan IP Host windows saya (host vbox) dan juga IP Modem, tapi masih belum connect. Kira2 kenapa y mas/mba?
2. Apakah IP hostnya perlu saya ganti dengan skema IP Green interface?
Trims untuk informasi dan bantuannya.

iman_bross March 3, 2010 at 6:35 PM  

bro mo tnya dong, gmna sech seting Mengatur Waktu Internet dgn BOT pda IPCOP . . . . ane pke versi 1.4.18

jdi yg ane edit pa`y ja y selain Add TimeFrame

plis yg master² IPCOP . . .

nampank May 3, 2010 at 1:35 AM  

saya sudah pakai ip cop dengan 3 Buah NIC yang berbeda2 grup....tapi di buat block situs tertentu koq masih lom bisa yaaa....dan membatasi bandwith untuk download jga lom bisa padahal settingan di url filter dan advance proxy sudah di kerjakan sesuai tutorialnya...tolong kasih pencerahan donk mgkin ja aq salah...

widodo August 21, 2010 at 9:15 AM  

setting red-network jika disambung modem evdo kira2 bisa tidak. matur suwun

abraham June 9, 2011 at 7:30 PM  

thanks mas atas tutornya, tp sebenernya bs g 1 pc qt pasang LAN Card sampai 4 lalu qt bagi menjadi Red, Green, Blue, Orange.... terus apakah berdampak pada processor dan memory jga

thanks

Anonymous,  October 30, 2012 at 8:44 AM  

mas,gimana untuk menambah hardisk baru untuk cache,,saya menggunakan 2 hdd,yaitu 40 GB (system) dan 250 GB (untuk cache)..dengan partisi resieverfs..mohon bantuannya

IPCop Firewall

IPCop adalah suatu distribusi Linux yang menyediakan fitur simple-to-manage firewall appliance berbasis perangkat keras PC. IPCop juga merupakan suatu stateful firewall dibuat berdasarkan pada Linux netfilter framework.

Recent Posts

Comments

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP