Apa itu IPCop


IPCOP adalah suatu distribusi Linux yang menyediakan fitur simple-to-manage firewall appliance berbasis perangkat keras PC. IPCOP juga merupakan suatu stateful firewall dibuat berdasarkan pada Linux netfilter framework.

Distro ini awalnya dikembangkan oleh tim yang mengembangkan Smoothwall Linux firewall, perkembangan selanjutnya, proyek IPCop dikembangkan dengan bebas, dan saat ini sudah terpisah sepenuhnya.

IPCOP sangat simple, dan memiliki fitur user-managed unpuk mekanisme update securyty-nya. Bahkan cenderung mudah dipahami untuk yang para pemula, dan handal untuk yang sudah berpengalaman.

IPCOP dikembangkan secara Opensource, dengan komunitas pengembang independent yang tersebar diseuluruh dunia. CD-ROM image untuk instalasi dapat dengan mudah di download dan memiliki miror yang cukup banyak.

Pengembangan IPcop terus berlanjut hingga saat ini sudah mencapai seri rilis 1.4.x. Sekarang sudah dirilis versi 1.4.21 dibulan July 2008. saat ini sedang dikembangkan IPcop Version 2.0.

Walaupun bukan bagian dari komunitas resmi, banyak sekali yang memberikan kontribusi bagi pengembangan IPcop. Pada umumnya mereka membuat modul-modul tambahan yang di kenal sebagai Add-ons. Addons ini memberikan tambahan kemampuan IPCop menjadi lebih handal, beberapa addons yang paling sering digunakan adalah QoS untuk bandwidth management, Advanced Proxy dan Url Filter untuk proxy dan filter akses, E-mail Virus scanner, OpenVPN, dan banyak lagi. Akan kita bahas mengenai addons ini secara terpisah.

"The Bad Packet Stop Here" merupakan slogan yang diusung untuk menjadikan IPCop sebagai firewall yang handal.
.

17 comments:

akurdong... February 1, 2009 at 6:28 AM  

Alhamdulillah... akhirnya statement saya tentang "orang indonesia pelit ilmu baru" pecah dengan adanya bloger anda.
saya mengharapkan artikel/tutorial/buku ipcop ala indonesia, tp belum dapat. dan skrg sudah lega terjawab di blogger anda.
saya sangat tertarik dengan isi blogger anda, isinya lebih dari cukup dari yang saya inginkan.
adakah buku ipcop untuk belajar lebih lanjut??

blogadmin February 2, 2009 at 4:27 PM  

Masyaallah.... saya sampe bingung mas.
Tadinya cuma saya saja yang berfikir seperti sampeyan mas arif...
Mudah-mudahan dengan bantuan temen-temen bisa tercipta komunitas IPCop Indonesia (mimpi sejak tahun 2006).
Boleh juga mas kalau kita bikin buku...

Catatan Agus Harjanta February 12, 2009 at 5:44 AM  

boleh juga mas usulannya
bikin komunitas pecinta ipcop
sambil belajar bersama

mas kalau bisa addon QOS
belum di bikin panduannya tuh mas
boleh di bagi nggak untuk bandwith managenet

blogadmin February 13, 2009 at 1:52 AM  

Mas Agus, aku pernah pake QOS, awalnya sangat memuaskan, meskipun setingnya puyeng setengah mati karena mata melototin monitor terus... heheheh... kadang ampe lupa mana yg udah dibikinin.

Awal-awal sih yahud, cuma setelah beberapa lama, kok malah lambat banget. Selidik punya selidik, ternyata bukan karena QOS nya yg gak bagus, ternyata router SOHO 91 ku yang gak sanggup ngikutin paket yang dilemparin ama QOS. Dengan berat hati aku lepas deh QOS nya, aku pake Traffic Shaping lagi.

Untuk yang posisi IPCop nya langsung tanpa dibawah router, sepertinya bisa dicoba (atau bahkan sudah banyak yg mencoba).

Mudah2an dalam waktu dekat, panduan QOS bisa saya posting. Yang pasti nanti kl dah ada postingnya, mohon bantuannya untuk ditambah-tambahin.

Salam

Chandra Webinstan.org October 16, 2009 at 5:12 AM  

Alhamdulillah ada bloger untuk ipcop. saya muter, mumet cari distro server yang mudah, ternyata semua sulit alias ga ada tutorial berbahasa indonesia. Dengan adanya bloger ipcop semoga bisa membantu sodara kita yang mau bikin server dari linux n memudahkan mereka untuk memanagement server mereka.
MAJU TERUS BLOGGER IPCOP
MAJU TERUS OPENSOURCE
SEMOGA KITA SELALU BISA MEMBANTU NEGARA KITA DARI KRISIS
DENGAN MENGGUNAKAN YANG GRATIS BUKAN YANG BELI DARI LUAR NEGERI...
MAHALNYA MINTA AMPUUUUUUUUN

Unknown December 22, 2009 at 8:18 PM  

Salam kenal mas.. saya mo nanya neh.. IPCop bisa gak dipake utk Load Balancing 2 jaringan internet?, mohon info nya mas...

M.Subhan ( Aan ) February 22, 2010 at 8:14 PM  

mas , kenapa ya setelah saya install ipcop terkadang suka putus2 gitu, ketika buka web consolnya tau tau disconec, namun beberapa waktu kemudian saya klik refresh mau lagi. btw saya udah cek kabel utp dan nic cardnya oke semua. spect pc P3 memory 256 HDD 10 Gb.

mohon solusinya

BISIZ March 17, 2010 at 11:30 PM  

Salam Kenal

Mas..selama ini saya telah mengunaka ipcop untuk pc router/firewall dan proxy log serta firewall log saya enable. konfigurasinya adalah
LAN--->IPCOP---> i-net. saya mau tanya apabila saya mau taruh 1 router diatas ipcop yaitu LAN--->IPCOP--->ROUTER--->i-net.
|
|
DMZ
konfigurasinya ini saya mau pakai untuk DMZ, saya mau tanya kalau konfigurasi seperti itu boleh ngga, dan gimana security dan log-log di ipcopnya, mohon pencerahannya

Terima Kasih

Unknown April 19, 2010 at 12:23 AM  

Hola Salam Kenal.

Saya selama ini menggunakan IPCOP untuk kebutuhan internet local saya.
Saya ada kebutuhan untuk mengatur hak akses user2 mana saja yang boleh dan tidak boleh menggunakan internet. Serta alamat situs mana saja yang boleh di akses..
Termasuk akses email dari mail.yahoo.com
Untuk kebutuhan ini saya gunakan menu URL Filter. Pada isian Allowed URLs (one per line) saya masukkan alamat email yang diijinkan misal mail.yahoo.com.

Pada daftar Banned IP addresses (one per line) saya masukkan ip yang saya tolak.

Yang jadi masalah adalah saat user yang diblok masuk ke mail.yahoo.com sih lancar2 saja. tapi ketika mulai memasukkan username dan password, user ke bawa ke halaman baru misal http://us.mg2.mail.yahoo.com ..., al hasil langsung diblok karena alamat sudah tidak murni mail.yahoo.com, bagaimana caranya saya bisa setting agar semua varian *.mail.yahoo.com dapat diakses oleh user???

Mikrotik May 25, 2010 at 12:47 AM  

mas sy lagi nyoba bikin firewall dengan menggunakan ipcop versi 1.4.20 dan menggunakan 3 interface yang terdefinisi menjadi interface green, blue, dan red. dari interface green kita sudah bisa ngakses internet tetapi lewat interface blue belum bisa mas. minta petunjuk dong gimana cara mengkonfigurasi akses point dengan interface bluenya.

Unknown July 26, 2010 at 8:05 PM  

salam kenal .


gman cara set vpn yang pake autentikasi filter mac address..


jadi hanya mac address terdaftar yang bisa meng akses vpn


mohon bantuannya
trimakasih.....

rifqi,  May 3, 2012 at 4:20 AM  

salam kenal

gan, ipcop yg sya gunakan ternya ng blok berita dr situs2 berita
misal sya buka web berita goal.com, tp berita yg saya dapatkn ternyata berita yang sudah saya baca artinya berita yg saya dapatkan tidak update

salah settingnya dmn y, sya pake ipcop v 1,.4.21 dan menggunakan addon adv prosy dan ulr fillter.

tolong bales ke mr_adabi@yahoo.co.id

Unknown July 27, 2013 at 3:22 AM  

ijin copas ya mas, buat tugas posting disekolah

ade Irawan June 6, 2014 at 6:02 PM  

Ijin copas mas, untuk di pelajari saya masih awam

Unknown May 1, 2015 at 8:35 AM  

itu masalah di proxy kamu bukan di ipcop

www.universalkendari.net

salam kenal

gan, ipcop yg sya gunakan ternya ng blok berita dr situs2 berita
misal sya buka web berita goal.com, tp berita yg saya dapatkn ternyata berita yang sudah saya baca artinya berita yg saya dapatkan tidak update

salah settingnya dmn y, sya pake ipcop v 1,.4.21 dan menggunakan addon adv prosy dan ulr fillter.

tolong bales ke mr_adabi@yahoo.co.id

Unknown May 1, 2015 at 8:40 AM  

Tipe Network Interface
Network Interface
Network interface IPCop terdefinisi atas empat macam yaitu RED, GREEN, BLUE dan ORANGE

RED Network Interface
Network ini adalah interface internet atau untrusted network. Pada dasarnya yang dilindungi oleh IPCop adalah network GREEN, BLUE dn ORANGE dari traffic yang berasal dari network RED.

GREEN Network Interface
Interface ini hanya terhubung ke komputer yang dilindungi oleh IPCop. Atau lebih dikenal dengan istilah local network. Traffic ke interface ini diarahkan lewat LAN card yang terpasang di IPCop firewall.

BLUE Network Interface
Interface ini adalah interface pilihan (digunakan jika dibutuhkan) yang dapat digunakan untuk koneksi perangkat wireless di network yang berbeda dari local network. Komputer dibawah interface ini tidak dapat terhubung dengan komputer yang berada di interface GREEN kecuali dikontrol menggunakan ‘pinholes’ atau via koneksi VPN. Traffic ke interface ini juga diarahkan lewat LAN card yang terpasang di IPCop firewall.

ORANGE Network Interface
Interface ini juga merupakan interface pilihan yang digunakan untuk menempatkan server yang boleh diakses oleh network yang berbeda. Komputer dibawah interface ini tidak dapat terhubung dengan komputer yang berada di interface GREEN atau BLUE kecuali dikontrol menggunakan ‘DMZ pinholes’. Traffic ke interface ini juga diarahkan lewat LAN card yang terpasang di IPCop firewall.

ApaanAjah February 14, 2019 at 3:07 AM  

Permisi, Saya izin Copy untuk tugas kulias :D

IPCop Firewall

IPCop adalah suatu distribusi Linux yang menyediakan fitur simple-to-manage firewall appliance berbasis perangkat keras PC. IPCop juga merupakan suatu stateful firewall dibuat berdasarkan pada Linux netfilter framework.

Recent Posts

Comments

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP